Kamis, 31 Maret 2011

Perkembangan Mesin Bakar


Beberapa di antara kita saat ini tidak mengetahui jenis mesin apa yang telah digunakan sebelum mesin motor yang canggih seperti sekarang. Nah,,,oleh karena itu, saya akan mencoba memberi sedikit informasi mengenai perkembangan mesin bakar. berikut ini ulasannya :
Mulai pertengahan decade 1980an, diperkenalkan teknologi multi katup untuk meningkatkan efisiensi mesin secara intensif. Selanjutnya, penggunaan teknologi ignisi (pembakaran) dengan menggunakan teknologi yang lebih baik dalam hal beda potensial tegangan tinggi koil yang digunakan, pengaturan pengapian yang dikontrol computer, jenis busi yang digunakan, serta penggunaan multi koil sehingga tidak lagi diperlukan penggunaan distributor. Ini semua menyebabkan peningkatan daya, akselerasi, dan efesiensi penggunaan bahan bakar. Selanjutnya, penggunaan teknologi injeksi bahan bakar secara langsung (EFI = electronic fuel injection) menyebabkan peningkatan yang signifikan pada kinerja mesin sekaligus peningkatan efesiensi bahan bakar.
                Dalam beberapa tahun terakhir, banyak digunakan teknologi pengaturan katup variable seperti teknologi VVT-I dari Toyota, teknologi I-VTEC dari Honda, teknologi MIVEC dari Mitsubishi dan teknologi VVT dari Suzuki. Efek nyata dari teknologi ini yang utama adalah efisiensi penggunaan bahan bakar, meningkatkan daya, serta pengaturan torsi sehingga cukup merata diseluruh putaran mesin.
Nah itulah beberapa ulasan mengenai perkembangan mesin bakar. semoga bermanfaat,,,,,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar