Kamis, 31 Maret 2011

Bagian Utama Mobil



Roda-roda suatu kendaraan memerlukan adanya tenaga dari luar yang memungkinkan kendaraan dapat bergerak serta dapat mengatasi keadaan jalan,dsb. Sumber dari luar yang menghasilkan tenaga disebut mesin. Mesin merupakan alat yang merupah sumber tenaga panas, listrik, angin, air atau sumber tenaga lainnya menjadi tenaka mekanik. Mesin yang merubah tenaga panas menjadi tenaga mekanik disebut motor bakar (thermal engine).

Motor bakar ada beberapa macam. Mesin bensin, mesin diesel, mesin turbin dll, yang menghasilkan tenaga panas yang dihasilkan dari dalam mesin itu sendiri, disebut motor pembakaran dalam (internal combustion engine), contohnya mesin bensin, mesin diesel. Tenaga panas yang dihasilkan di luar dari mesin itu sendiri disebut motor pembakaran luar (external combustion engine), contohnya mesin uap.

Mesin yang tenaganya digunakan pada mobil harus kompak, ringan dan mudah ditempatkan pada ruangan yang terbatas. Selain itu mesin harus dapat menghasilkan kecepatan yang tinggi dan tenaga yang besar, mudah dioperasikan dan sedikit menimbulkan bunyi.

Pemindah Daya / Drive train

Pemindah daya (drive train) adalah sejumlah mekanisme yang memindahkan tenaga yang dihasilkan oleh mesin untuk menggerakan roda-roda kendaraan. Mekanisme yang termasuk kedalam pemindah daya diantaranya :
  • Kopling
  • Transmisi
  • Propeller Shaft/Drive Shaft
  • Diferential

Chassis

Sistem chassis meliputi suspensi yang menopang axle, kemudi untuk mengatur kendaraan, roda, ban dan rem untuk menghentikan jalannya kendaraan. Sistem chassis berpengaruh langsung terhadap kenikmatan berkendara, stabilitas dan lain sebagainya.

Electrical

Sistem kelistrikan digunakan untuk menghidupka mesin dan mepertahankannya agar tetap hidup, juga digunakan untuk melengkapi dalam body kendaraan. Termasuk sistem penerangan, sistem wiper dan komponen lainnya yang menjamin keamanan dan kenikmatan saaat berkendara.
Sebelum menbahas tentang parts dan accesories Toyota lebih jauh, ada baiknya kita mengenal jenis-jenis mobil yang secara resmi beredar di Indonesia. Mobil-mobil Toyota yang beredar secara resmi di Indonesia didistribusikan oleh ATPM Toyota di Indonesia yaitu PT.TAM.

Jenis-jenis mobil Toyota yang beredar secara resmi di Indonesia saat ini diantaranya:

Toyota Avanza
Toyota Yaris
Toyota Kijang Innova
Toyota Rush
Toyota Hilux
Toyota Corolla Altis
Toyota Camry
Toyota Vios / Limo untuk Taksi
Toyota Dyna
Toyota Previa
Toyota Land Cruiser
Toyota Alphard
Toyota Prius


Model-model Toyota tersebut merupakan model-model yang didistribusikan oleh PT.TAM. Selain model di atas ada juga model-model lain yang didistribusikan PT.TAM akan tetapi sudah tidak diproduksi lagi, diantaranya:

Toyota Soluna
Toyota Starlet
Toyota Corona
Toyota Collora Great

Perkembangan Mesin Bakar


Beberapa di antara kita saat ini tidak mengetahui jenis mesin apa yang telah digunakan sebelum mesin motor yang canggih seperti sekarang. Nah,,,oleh karena itu, saya akan mencoba memberi sedikit informasi mengenai perkembangan mesin bakar. berikut ini ulasannya :
Mulai pertengahan decade 1980an, diperkenalkan teknologi multi katup untuk meningkatkan efisiensi mesin secara intensif. Selanjutnya, penggunaan teknologi ignisi (pembakaran) dengan menggunakan teknologi yang lebih baik dalam hal beda potensial tegangan tinggi koil yang digunakan, pengaturan pengapian yang dikontrol computer, jenis busi yang digunakan, serta penggunaan multi koil sehingga tidak lagi diperlukan penggunaan distributor. Ini semua menyebabkan peningkatan daya, akselerasi, dan efesiensi penggunaan bahan bakar. Selanjutnya, penggunaan teknologi injeksi bahan bakar secara langsung (EFI = electronic fuel injection) menyebabkan peningkatan yang signifikan pada kinerja mesin sekaligus peningkatan efesiensi bahan bakar.
                Dalam beberapa tahun terakhir, banyak digunakan teknologi pengaturan katup variable seperti teknologi VVT-I dari Toyota, teknologi I-VTEC dari Honda, teknologi MIVEC dari Mitsubishi dan teknologi VVT dari Suzuki. Efek nyata dari teknologi ini yang utama adalah efisiensi penggunaan bahan bakar, meningkatkan daya, serta pengaturan torsi sehingga cukup merata diseluruh putaran mesin.
Nah itulah beberapa ulasan mengenai perkembangan mesin bakar. semoga bermanfaat,,,,,,
di sini saya mau bagi pengetahuan sama temen-temen tentang
PERAWATAN MOTOR 4 TAK.
berhubung aya kerja di bengkel ni...


1. Periksakan Busi Sepeda Motor 
Busi sangat vital bagi kelancaran mesin motor, "Cek businya, seandainya masih layak pakai, dapat dipergunakan kembali. Tapi kalau sudah mencapai 12 ribu km, sebaiknya businya di ganti," jelas Deny yang lulusan Sekolah teknik Mesin (STM).

Perhatikan pula keadaan kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke busi, bila sudah cukup umur, terlihat ada retakkan dan pengerasan di kabel, sebaiknya segera diganti.

2. Cek Filter Karburator
Menurut Deny, filter karburator terbagi dua, yaitu jenis basah dan kering. Modelfilter basah, dibersihkan dengan menggunakan bensin lalu dilumasi oli setelahnya. "Umumnya motor keluaran tahun 1990-2000-an, menggunakan model filter basah seperti ini," tambahnya.

Sedang motor keluaran tahun 2000 ke atas, biasanya menggunakan tipe kering. Cara perawatannya cukup mudah, yaitu tinggal disemprot dengan kompresor. "Tapi model ini juga memiliki kelemahan, yaitu wajib diganti setiap mencapai 25 ribu km dan tidak boleh terkena oli atau minyak," papar pria berusia 23 tahun ini.

Filter oli pun harus diperhatikan, "Motor tahun 90-an tidak menggunakan filter oli, tetapi untuk jenis motor tahun 2000 ke atas, menggunakan filter oli dan wajib di ganti setiap kurang lebih 10 ribu km."

3. Periksa Setelan Rantai dan Gir
Jangan biarkan rantai terlalu kendor atau terlalu kencang, "Bila rantainya kendor, cukup disetel. Tapi kalau kering, cukup diolesi dengan oli khusus rantai (chain lube). Biasanya, rantai harus diganti kalau sudah mencapai 25 ribu hingga 35 ribu km."

Penghobi motor sejak SD ini, juga menyarankan Anda untuk tidak lupa memeriksa kondisi gir. "Jika sudah tajam, lekas ganti, karena kalau tidak rantai dapat putus secara tiba-tiba," kata Deny.

Khusus motor jenis Matic yang menggunakan V/Belt, rantainya tidak dapat disetel dan wajib diganti setiap 25 ribu km. Bila rantai dan gir sudah beres, sekalian periksa kampas rem depan dan belakang, ganti bila sudah terlihat menipis.

4. Membersihkan Karburator
Bersihkan bagian pilot dan main jet motor. Untuk menyetel angin motor tipe manual (buatan tahun 90 hingga 2000-an), tutup baut setelan angin dan buka perlahan berlawanan arah jarum jam, maksimal 1/2 putaran.

Untuk tipe Vakum, yaitu motor keluaran 2000 ke atas, juga sama yaitu dengan membersihkan pilot dan main jet. "Bedanya hanya disetelan angin, untuk tipe ini, maksimal putarannya 2 ½ berlawanan arah jarum jam," paparnya. Untuk penyetelan klep motor 4 tak, adalah setiap 12 ribu hingga 18 ribu km.

5. Cek Kondisi Aki
Motor-motor buatan tahun 2000 ke atas, umumnya telah menggunakan jenis aki kering yang tak memerlukan perawatan khusus (non maintenance). "Tapi setiap tiga tahun, maksimal, wajib di ganti," terang Deny.

"Sedangkan motor yang menggunakan aki basah, perlu di cek setiap 10 ribu km. Bila air akinya kering, segera diisi," lanjutnya.

Ciri-ciri aki basah yang kondisi sudah lemah adalah, motor tidak mampu di starter. Deny tidak menyarankan untuk memaksa motor menyala dengan cara di dorong, karena ini dapat merusak gigi transmisi.

6. Panaskan Mesin Motor
Panaskan mesin motor sebelum dijalankan, tidak perlu lama-lama, cukup 1-2 menit saja. Fungsinya, menurut Deny, agar sirkulasi oli dapat melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak. "Tidak perlu lama-lama memanaskannya, karena akan membuat pipa knalpot menguning."

7. Gunakan Sparepart (Suku Cadang) Asli
Meski suku cadang asli sedikit lebih mahal, namun Anda akan merasa puas karena lebih tahan lama dan kualitasnya pun terjamin di banding yang palsu.

Selain beberapa hal di atas, Deny juga mengingatkan para bikers untuk selalu memeriksa tekanan ban Anda. "Tekanannya jangan terlalu keras dan jangan kurang, karena dapat mengakibatkan kembang ban motor menjadi rusak."

"terima kasih"

bagi kawan2 yg suka liat2 bentuk mesin/ motor bakar...
aaku mo share ni....

sebelumnya saya mau jelasin,,
Motor bakar adalah salah satu jenis dari mesin kalor yang menggunakan tenaga kimia bahan bakar menjadi tenaga mekanis dan perubahan itu terjadi didalam mesin tersebut. Saat ini motor bakar torak mempunyai peranan yang sangat penting dakam kehidupan manusia. Produk produk motor bakar antara laindalam bidang transportasi, produksi, pertanian, dan sebagainya.


Ni gambar nya...